Monday, January 15, 2007

Martins Inspirator Newcastle Tekuk Spurs

Obafemi Martins menjadi inspirator Newcastle United yang secara mengejutkan mampu membungkam tuan rumah Tottenham Hospur 3-2 saat keduanya bertemu di White Hart Lane dalam laga lanjutan Liga Premier, Minggu (14/1)

Kemenangan ini menaikkan posisi Newcastle ke urutan 11 dengan torehan 29 poin, sedangkan Spurs berada di peringkat delapan dengan keunggulan selisih tiga angka atas Newcastle.

Bertindak sebagai tuan rumah, Spurs memulai inisiatif serangan dan beberapa kali mengancam gawang Newcastle jika saja penjaga gawang Shay Given tidak gesit di dalam melakukan penyelamatan.

Sektor kanan pertahanan Newcastle terlihat lemah setelah beberapa kali Spurs menekan melalui posisi tersebut.

Lemahnya sektor kanan Newcastle dimanfaatkan Spurs dan berbuah gol ketika di menit ke-14 Steed Malbranque melakukan tusukan dan memberikan umpan terobosan yang mampu diselesaikan Jermain Defoe dengan baik, 1-0.

Namun, dua menit berselang tim tamu berhasil menyamakan kedudukan saat Paul Huntington sukses melesakkan bola ke dalam gawang Paul Robinson, 1-1.

Sesaat setelah turun minum, ketika akan memasuki ruang ganti, Pascal Chimbonda dan Nicky Butt terlihat perselisihan yang berujung pada kartu kuning bagi keduanya. Chimbonda mendapat peringatan karena menampar wajah Butt, sementara Butt terkena kartu kuning karena mendorong Chimbonda.

Di babak kedua, Spurs sedikit menaikkan tempo permainan dan mendominasi pertandingan. Pasukan Martin Jol ini telah menciptakan 16 peluang dimana 10 diantaranya mencapai target, sedangkan Newcastle hanya mambuat lima peluang dan dua diantaranya mengarah ke target.

Spurs kembali unggul setelah di menit ke-54 Dimitar Berbatov mencetak gol usai menyambar bola muntah hasil tendangan Teemu Tainio yang mengenai Nolberto Solano, 2-1.

Keasyikan menyerang membuat lini belakang Spurs lemah. Hal ini dimanfaatkan Newcastle untuk menyamakan kedudukan bahkan membalikkan keadaan.

Newcastle patut berterima kasih kepada penyerangnya, Obafemi Martins, yang menjadi inspirasi kemenangan timnya.

Martins menyamakan kedudukan di menit ke-72 setelah aksi individunya yang diakhiri oleh tendangan keras ke arah pojok gawang Spurs tidak mampu ditepis Robinson, 2-2.

Ini akan menjadi salah satu gol terbaik di musim ini karena Martins melakukannya dari posisi sulit untuk melepaskan tendangan.

Dua menit berselang, The Magpies berbalik unggul setelah kali ini Martins memberikan andil bagi terciptanya gol Butt, 3-2. Martins memberikan umpan terobosan kepada Butt, yang tidak menyia-nyiakannya dan langsung melesakkan bol ak dalam gawang Spurs.

Nampaknya keberuntungan berpihak ke kubu Newcastle setelah peluang emas Spurs belum mampu menambah gol saat tendangan Defoe mengenai mistar gawang.

Hingga akhir pertandingan, kedudukan tetap tidak berubah bagi kemenangan tim tamu
.

0 comments:

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP