Wednesday, January 31, 2007

Unggul Segalanya

Empat kemenangan beruntun dan belum kemasukan gol. Itulah prestasi yang diraih Liverpool dalam empat laga terakhir di ajang Premier League Inggris. Bandingkan dengan apa yang diraih West Ham United. Sejak kemenangan mengejutkan atas Manchester United (1-0) pada 17 Desember, dalam tujuh selanjutnya, tim besutan Alan Curbishley itu belum pernah memetik kemenangan.

Ketika Liverpool semakin mantap di zona Liga Champions, The Hammers, julukan West Ham, masih tetap bercokol zona degradasi. Karena itu, The Reds dalam posisi diunggulkan saat bertandang ke markas West Ham di Upton Park dini hari nanti WIB (tayangan langsung Trans 7 pukul 02.45 WIB).

Liverpool dengan materi pemain lebih baik, memang berada di atas angin. Jangan lupa, The Reds juga belum pernah kalah dari West Ham sejak 27 November 1999. Satu fakta yang membuat Steven Gerrard semakin diunggulkan adalah kemenangan 2-0 yang mereka petik atas Chelsea pekan lalu. "Semua membicarakan kemenangan Liverpool atas Chelsea. Tapi ingat, Anda bisa mengalahkan Chelsea, tapi Anda juga bisa kalah lawan West Ham," kata Rafael Benitez, pelatih Liverpool, di situs resmi klub.

Yang menggembirakan Benitez, dia masih bisa menurunkan formasi yang sama ketika membekap Chelsea. "Pertandingan lawan West Ham sama pentingnya. Kami tetap membutuhkan kemenangan di sana (Upton Park) dan sementara ini kami tidak perlu memikirkan hal-hal lainnya," ujarnya.

"Pemain paham betul kalau setiap tiga poin yang kami dapatkan sangat penting nilainya. Karena itu, kami akan terus melakukan upaya yang tepat. Atmosfer di antara para pemain sangat baik. Mereka menunjukkan komitmennya selama latihan," ujar pelatih asal Spanyol itu.

Secara fisik, punggawa Liverpool memang lebih bugar daripada skuad West Ham. Pasalnya, dua hari sebelum menjamu Liverpool, tim besutan Alan Curbishley harus bertarung lawan Watford di ajang Piala FA. Tak hanya fisik yang terkuras, kondisi psikologis The Hammers pun ikut terganggu setelah mereka kalah 0-1 dan gagal melangkah ke babak 16 besar.

"Semua komponen di West Ham saat ini tengah menghadapi situasi sulit. Saya melihat rasa frustrasi melanda siapapun yang di ada di klub in. Saya pikir, hanya hasil positif yang bisa mengobati rasa frustasi itu," kata Curbisley.

HEAD TO HEAD (Empat Laga Terakhir)
26-08-2006 Liverpool v West Ham 2-1 (Premier League)
13-05-2006 Liverpool v West Ham 3-3 (Piala FA)
26-04-2006 West Ham v Liverpool 1-2 (Premier League)
29-10-2005 Liverpool v West Ham 2-0 (Premier League)

0 comments:

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP