Wednesday, February 07, 2007

Liverpool Resmi Diambil Alih

Setelah melalui proses yang cukup panjang akhirnya Liverpool jadi juga diambil alih oleh investor asing. The Reds mengumumkan menerima tawaran pengambil alihan yang diperkirakan senilai 470 juta pound dari dua konglomerat asal Amerika Serikat, George Gillett dan Tom Hicks.
Kedua pemilik tim Liga Hoki Amerika (NHL) ini diharapkan akan membuat pengumuman resmi pengambil alihan klub kepada bursa saham London pada hari Selasa (6/2).

Gillett, yang merupakan pemilik Montreal Kanada, bergabung dengan Hicks, pemilik Dallas Stars dan tim baseball Texas Rangers, untuk mengajukan penawaran kepada Liverpool mengalahkan tawaran dari Dubai Internasional Capital (DIC).

"Saya percaya ini merupakan sebuah langkah maju yang luar biasa bagi Liverpool, pemegang saham dan juga suporter. Liverpool merupakan kegemaran saya dan merupakan bagian hidup," ujar pemimpin Liverpool David Moores melalui situs resmi klub.

"Setelah melakukan pertimbangan yang sangat hati-hati saya setuju menjual saham saya kepada pihak yang dapat membantu menjamin kebutuhan investasi untuk stadion baru dan pemain."

Pada kesempatan tersebut Moores juga mangatakan dirinya menerima tawaran dari Gillett dan Hicks untuk selanjutnya menjadi presiden kehormatan Liverpool.

"Liverpool merupakan klub yang fantastis dengan sejarah yang luar biasa dan suporter yang sangat bergairah. Kami mengetahui sepenuhnya dan menghargai warisan khusus itu dan sejarah luar biasa Liverpool. Kami bermaksud menghormati warisan ini pada masa depan," demkian pernyataan bersama Gillette dan Hicks.

Untuk dapat mengambil alih kepemilikian Liverpool Gillett dan Hicks dilaporkan harus merogoh kocek hingga 470 juta pound, dengan rincian 175 juta pound untuk membeli saham klub, 80 juta untuk jaminan dan 215 untuk membangun stadion baru.

Dengan kepastian ini maka Liverpool akan menjadi klub Liga Premier ketiga yang dimiliki pengusaha asal Amerika setelah Manchester United dan Aston Villa. MU dimiliki oleh Malcolm Glazer, pemilik klub American Football Tampa Bay Buccaneers. Sedangkan Aston Villa dibeli oleh Randy Lerner, pemilik Cleveland Browns.

Sebelumnya Liverpool tinggal selangkah lagi akan diambil alih oleh DIC, namun ditengah jalan datang tawaran dari Gillett dan Hicks yang lebih besar sehingga pengurus berubah pikiran.

Hal inilah yang membuat Liverpool dan pihak DIC tidak juga mencapai kata sepakat sehingga calon investor tersebut memutuskan untuk menghentikan pembicaraan dengan Liverpool yang sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu.

Pengurus Liverpool saat ini meminta waktu lebih lama kepada DIC untuk membuat keputusan karena ingin mempelajari tawaran dari Gillett dan Hicks. Karena kesal perusahaan milik orang kelima terkaya di dunia Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum ini membatalkan negosiasi.

0 comments:

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP