Sunday, February 04, 2007

Ujian Kembalikan Stabilitas

Barcelona kembali memuncaki klasemen sementara Liga Primera sejak dua pekan lalu. Namun, secara umum, penampilan Ronaldinho dkk masih belum stabil. Kekalahan lawan Real Zaragoza di Nou Camp pada leg pertama perempat final Copa del Rey Kamis lalu salah satu buktinya.

Nah, Frank Rijkaard dan pasukannya mengemban misi yang cukup berat dalam lawatan ke Reyno de Navarra menghadapi Osasuna dini hari nanti (tayangan langsung RCTI pukul 01.00 WIB). Selain misi mengamankan takhta klasemen, laga ini bakal dijadikan sarana buat Ronaldinho dkk untuk mengembalikan stabilitas penampilan.

Berat? Bisa jadi. Sebab, sejak kemenangan 4-1 atas Real Mallorca pada 19 November lalu, hingga pekan lalu, Barca belum pernah meraih kemenangan away di Liga Primera. Rijkaard dan pasukannya harus lebih mawas diri. Pada pertemuan terakhir di Reyno de Navarra Maret lalu, mereka dipaksa menelan kekalahan 1-2. "Ini laga yang sulit. Kami akan mendapat perlawanan ketat di sana,"kata Rijkaard kepada As. "Namun, tim ini telah menunjukkan mentalitas yang bagus. Pemain mulai banyak menciptakan peluang,"tukasnya.

Stabilitas Barca makin terancam menyusul kemungkinan absennya Ronaldinho. Playmaker Barca itu mengalami cedera lutut kanan ketika tampil lawan Zaragoza Kamis lalu. Untuk menghindari cedera yang lebih parah, Ronaldinho harus absen dalam sesi latihan kemarin untuk menjalani fisioterapi. Kondisi Ronaldinho jadi serba dilematis. Jika dia dipaksa tampil di Reyno de Navarra, kemungkinan dia bakal absen saat Brazil melakukan uji coba lawan Portugal. Padahal, Ronaldinho menyimpan ambisi tampil di pentas Copa America Juli mendatang. "Soal Ronaldinho, segalanya masih memungkinkan. Kami masih menunggu perkembangan terakhirnya,"tutur Rijkaard sedih.

Tanpa Ronaldinho, perjuangan Barca memang bakal lebih berat. Apalagi, Osasuna kali ini bisa tampil dengan skuad yang lebih solid dibandingkan laga-laga sebelumnya. Jose Angel Ziganda sudah bisa menurunkan Roberto Soldado, Carlos Cuellar, Ricardo, dan Raul Garcia yang semuanya menerima kartu merah ketika menghadapi Atletico Madrid dua pekan lalu. Kehadiran mereka bisa mengurangi beban Osasuna yang hingga kini belum bisa memainkan Valmiro Valdo dan Ludovic Delporte karena cedera. "Dalam tiga laga terakhir kami terus menelan kekalahan dan tak pernah mencetak gol. Kembalinya mereka (empat pemain yang terkena skorsing) akan mengakhiri tren negatif tersebut," cetus Ziganda.

0 comments:

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP