Saturday, March 03, 2007

Bukan Masalah Lagi

Gagal meraih angka maksimal di kandang Palermo seiring hasil imbang 0-0, AC Milan berkesempatan menebusnya saat menjamu Chievo Verona di Stadion San Siro dini hari nanti (tayangan langsung Indosiar mulai pukul 02.30 WIB). Kemenangan akan membuka jalan bagi Rossoneri untuk masuk zona Liga Champions (empat besar).

Hingga giornata ke-25, Milan berada di posisi keenam dengan 37 poin. Itu hanya berselisih tiga angka dari tim urutan keempat, Lazio, yang di saat bersamaan harus menghadapi tim ulet Sampdoria. Pesaing Milan lainnya, Empoli yang menduduki posisi kelima, juga menghadapi partai sulit karena harus bertandang ke kandang Udinese yang baru sukses menahan Inter Milan.

Namun, perjuangan Milan untuk membekuk Chievo terganjal banyaknya pemain yang cedera. Pelatih Milan Carlo Ancelotti kehilangan enam pemain andalannya di barisan pertahanan. Yakni kapten Paolo Maldini, Alessandro Costacurta, Kakha Kaladze, Alessandro Nesta, Serginho, dan Cafu. Striker Filippo Inzaghi juga masih bermasalah dengan kebugaran.

Untungnya, full back Massimo Oddo dan Marek Jankulovski bisa merumput usai menjalani hukuman kartu. Begitu juga gelandang Christian Brocchi. Karena Milan juga harus berkosentrasi di Liga Champions lawan Glasgow Celtic pekan depan, Ancelotti dituntut jeli mengatur peak performance anak asuhnya.

"Situasi seperti ini bukan hal baru bagi kami. Kuncinya adalah konsentrasi dan tidak menganggap enteng Chievo. Setidaknya kami harus mengubah permainan mengecewakan saat lawan Palermo lalu," kata Ancelotti seperti dikutip Soccernet.

Kepercayaan diri yang berlebihan memang berisiko bagi Andrea Pirlo dkk. Jika terpeleset, Milan harus siap-siap tertinggal dari pesaingnya dalam perburuan Zona Champions. "Kami belum pernah kalah sejak 19 November lalu dan itu seharusnya menjadi motivasi para pemain," lanjut mantan pelatih Juventus dan Parma itu.

Persoalan lini belakang berimbas di lini depan. Mengingat tenaga Alberto Gilardino yang terkuras, Ronaldo tampaknya akan menjadi starter sekaligus lone striker Milan. "Penampilannya (Ronaldo, Red) sudah mulai menyuatu dengan tim. Dengan Kaka di belakangnya, lini depan kami masih berbahaya," jelas Ancelotti.

Beruntung, Chievo punya catatan buruk saat menghadapi Milan di San Siro. Tim asuhan Luigi Del Neri itu belum pernah menang. Tak hanya itu, dari 11 laga away yang dijalani Chievo musim ini, hanya sekali mereka meraih kemenangan. Satu-satunya modal pasukan Del Neri adalah semangat untuk lepas dari jerat degradasi. "Semangat itu terlihat saat kami menahan imbang AS Roma. Lawan Milan pun seharusnya situasi serupa," jelas Del Neri.

Tak hanya Milan, tim tamu juga dihantam badai cedera. Bek kanan Fabio Moro dan striker Erjon Bogdani terkena akumulasi kartu. Jika Victor Obina belum pulih dari cedera engkel, Del Neri hanya akan memasang satu striker atau merombak skema main menjadi 4-3-3. "Kami tidak ingin sekadar bertahan, pemain pelapis saya kira akan menjalankan tugasnya dengan baik," katanya.

PERKIRAAN PEMAIN

MILAN (4-4-1-1): 1-Dida (g); 44-Oddo, 17-Simic, 25-Bonera, 18-Jankulovski; 32-Brocchi, 8-Gattuso(c), 21-Pirlo, 10-Seedorf; 22-Kaka; 99-Ronaldo
Pelatih: Carlo Ancelotti
Cadangan: 26-Storari (g), 4-Kaladze, 19-Favalli, 20-Gourcuff, 23-Ambrosini, 7-Oliviera, 11-Gilardino

CHIEVO (4-3-3): 18-Squizzi (g); 19-Malago, 29-Mandelli, 17-D’Anna(c), 23-Lanna; 21-Sammarco, 11-Italiano, 33-Brighi; 7-Semioli, 31-Pellisier, 10-Cozzolino
Pelatih: Luigi Del Neri
Cadangan: 99-Concetti (g), 4-Mantovani, 16-Troiano, 47-Marchese, 20-Marcolini, 55-Kosowski, 15-Obinna

HEAD TO HEAD (Lima Laga Terakhir)
25/10/2006 Chievo v Milan 0-1
9/4/2006 Milan v Chievo 4-1
3/12/2005 Chievo v Milan 2-1
20/4/2005 Milan v Chievo 1-0
28/11/2004 Chievo v Milan 0-1

0 comments:

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP