Thursday, March 08, 2007

Dominasi Spanyol di Piala UEFA

Hegemoni Spanyol sangat terasa di babak 16 Besar kejuaraan Piala UEFA musim ini. Di babak perdelapanfinal nanti, Spanyol diwakili oleh empat klub yakni Sevilla sang juara bertahan, Celta Vigo, Espanyol dan Osasuna.

Klub-klub dari Spanyol mendominasi persaingan di babak 16 Besar Piala UEFA yang akan digelar mulai Kamis (8/3) nanti. Dibanding negara lainnya, Spanyol paling banyak diwakili di babak perdelapanfinal tersebut, yakni oleh juara bertahan Sevilla, Celta Vigo, Espanyol dan Osasuna.

Sevilla akan menghadapi salah satu raksasa Ukraina, Shakhtar Donetsk. Usai mengalahkan Barcelona di ajang La Liga dan merebut posisi puncak klasemen, Sevilla sangat percaya diri untuk merebut tiket ke putaran perempatfinal. Celta Vigo juga menghadapi tantangan berat saat mereka harus menghadapi klub Jerman, Werder Bremen. Bremen sendiri sebelumnya berhasil mengalahkan raksasa Belanda, Ajax Amsterdam, 4-3 dengan aggregat.

Sedangkan Espanyol dan Osasuna melengkapi dominasi klub Spanyol, saat keduanya masing-masing akan dijamu klub Israel, Maccabi Haifa dan ke klub Skotlandia, Rangers. Kini setelah berada di peringkat dua dengan selisih 19 poin dari pesaing terkuatnya yang berada di puncak klasemen, Celtic, di persaingan liga domestik, Rangers berharap ajang Piala UEFA menjadi salah satu targetnya merebut gelar musim ini. Bagi Rangers, ajang Piala UEFA merupakan salah satu turnamen penting yang selevel dengan Liga Champions.

Bahkan pemain belakang Rangers, Ian Murray, mengaku tidak setuju jika ajang Piala UEFA disebut tidak bernilai dan kalah pamor dari Liga Champions Eropa. "Itu melecehkan kompetisi, karena menganggap Liga Champion lebih sukses," kata Murray. "Tentunya masih ada tim-tim hebat di situ - Anda masih punya Espanyol, Sevilla, Werder Bremen – ini masih kompetisi yang bagus dan bukan sembarangan."

Sementara itu Inggris diwakili Tottenham Hotspurs dan Newcastle. Spurs mendapat bye pada babak sebelumnya setelah Feyenoord (Belanda0 dikeluarkan dari kompetisi. Tim Belanda itu terkena hukuman karena ulah para pendukungnya saat bertandang ke klub Prancis, AS Nancy, pada pertandingan penyisihan grup.

Spurs akan bertandang ke klub Portugal, Sporting Braga, pada pertandingan pertama mereka. Sedangkan Newcastle akan menjamu klub Belanda, AZ Alkmaar, yang menelan kekalahan 0-2 di kandang dari Fenerbahce (Turki) pada babak sebelumnya.

0 comments:

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP