Thursday, March 08, 2007

Jalan Sevilla Menuju Treble

Di Liga Champions, Inggris boleh jumawa dengan meloloskan empat wakil ke 16 besar. Dua diantaranya, Liverpool dan Chelsea, bahkan sudah memastikan diri meraih tiket ke perempat final.

Tapi, di Piala UEFA, Spanyollah yang berhak menepuk dada. Sebab, seperti Inggris, Negeri Matador itu juga menyertakan empat wakil di 16 besar Piala UEFA musim ini. Satu di antaranya adalah juara bertahan Sevilla yang akan menjamu klub Ukraina, Shakhtar Donetsk, di first leg dini hari nanti.

Rival sekota Real Betis itu sudah pasti menjadi andalan Spanyol di ajang kelas dua di Eropa ini. Bukan hanya karena status mereka sebagai juara bertahan, tapi juga karena tengah primanya performa tim asuhan Juande Ramos tersebut.

Di Liga Primera, Sevilla berada di mahameru kekuasaan setelah menundukkan Barcelona 2-1 akhir pekan lalu. Sevilla juga berpeluang lolos ke semifinal Copa del Rey setelah unggul 1-0 atas Betis hingga menit ke-67. Laga di kandang Betis itu tidak tuntas karena kerusuhan suporter. Sisa 33 menit akan dilanjutkan 20 Maret nanti.

Ditambah Piala UEFA, Frederic Kanoute dkk pun berpeluang menjadi treble winners di musim ini. "Saat ini Sevilla sudah sejajar dengan Barcelona, Real Madrid, atau Valencia yang berprestasi dalam berbagai ajang, baik domestik maupun Eropa," ungkap Jose Luis Marti, gelandang Sevilla, seperti dikutip AFP.

Namun, Sevilla tetap harus mewaspadai Shakthar Donetsk. Klub elite Ukraina itu dikenal sebabagi tim yang kadang mampu menyulitkan para unggulan. Apalagi tenaga sebagian punggawa Sevilla banyak terkuras saat menghadapi Barcelona.

Meski tak sebanyak Spanyol, Inggris juga tetap berpeluang menorehkan prestasi di Piala UEFA musim ini. Sebab, penampilan dua wakil mereka yang tersisa, Tottenham Hotspur dan Newcastle United, terbilang stabil.

Tapi, Spurs dan Newcastle menghadapi tantangan berat di babak ini. Lawan Spurs, Sporting Braga, adalah tim yang menyingkirkan salah satu mantan juara Piala UEFA, Parma, di babak sebelumnya.

Lawan Newcastle, AZ Alkmaar, juga bukan tim sembarangan. Dua musim lalu, klub Belanda itu berhasil menembus semifinal ajang ini. Di Eredivisie, Alkmaar juga terus memberikan perlawanan sengit kepada PSV Eindhoven dan Ajax Amsterdam.

Yang sedikit menguntungkan Newcastle, tiga pilar mereka sudah bisa tampil lagi, yakni winger Damien Duff, midfielder Emre, dan defender Stephen Carr. Tapi, kerukunan internal The Magpies juga sedikit terguncang gara-gara ulah winger James Milner yang bertengkar dengan manajer Glenn Roeder setelah ditarik keluar di laga melawan Middlesbrough akhir pekan lalu.

First Leg 16 Besar Piala UEFA

Sporting Braga v Tottenham Hotspurs
Celta Vigo v Werder Bremen
Lens v Bayer Leverkusen
Maccabi Haifa v Espanyol
Newcastle United v AZ Alkmaar
Paris St Germain v Benfica
Glasgow Rangers v Osasuna
Sevilla v Shakhtar Donetsk

0 comments:

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP