Thursday, March 15, 2007

Mutu Dikatai Gipsi Penipu

Presiden Palermo Maurizio Zamparini melontarkan kalimat tak pantas kepada striker Fiorentina Adrian Mutu. Zamparini menyebut Mutu sebagai ”orang gipsi penipu”.

Zamparini melontarkan kalimat bernada melecehkan itu saat Mutu mencetak gol kontroversial yang menyebabkan pertandingan Palermo kontra Fiorentina berakhir imbang 1-1,dalam lanjutan Seri A,Minggu (11/3). Zamparini terkenal sebagai sosok kontroversial di kalangan sepak bola Italia.Namun, Zamparini mencoba mengelak telah menabuh genderang perang terhadap Mutu meskipun dia terbukti menyebut Mutu sebagai ”crafty little gypsy”.

”Saat saya bicara soal Mutu dan menggambarkan sosoknya sebagai ‘crafty little gypsy’,saya tidak bermaksud menyerang dia. Justru sebaliknya. Saya hanya memberi pembenaran atas tingkah laku dia. Ingatlah, dia datang dari Rumania pascakomunis. Apa yang Mutu lakukan adalah insting yang datang dari nasionalisme dia,” tutur Zamparini, seperti dikutip AFP. Zamparini, pengusaha yang membeli klub Sisilia pada 2002, menggambarkan sosok Mutu dengan aksi ”Tangan Tuhan” Diego Maradona saat menjebol gawang Inggris di Piala Dunia 1986.

”Sebagai contoh adalah Maradona. Jika saja lahir di Oxford (Inggris) dan bukan di daerah pinggiran Argentina, tentu dia tidak akan pernah mencetak gol ‘Tangan Tuhan’ di Piala Dunia,” katanya. ”Licik adalah karakter orang Rumania. Mereka memilikinya dalam DNA dan mengembangkannya sebagai bagian dari insting mempertahankan hidup.” Laga Palermo kontra Fiorentina berlangsung panas ketika bek Palermo Roberto Guana terjatuh saat membawa bola. Guana dihantam cedera hamstring.

Namun, bola direbut Mutu dan striker Rumania itu sukses menjebol gawang Palermo sehingga kedudukan 1-1. Pelatih Palermo Francesco Guidolin dikartu merah wasit gara-gara menghina Pelatih Fiorentina Cesare Prandelli dan pemainnya. Selasa (13/3), Guidolin terkena sanksi tidak boleh ada di lapangan saat skuad Rosanero tampil.Sanksi itu berlaku hingga tiga laga ke depan. Selain itu, denda administratif juga dijatuhkan Komisi Disiplin Lega Calcio kepada Guidolin. Kendati Zamparini lolos dari jeratan sanksi, Federasi Sepak Bola Rumania (FRF) menyatakan bahwa pihaknya akan meminta bantuan orang-orang hukum Rumania di Italia untuk menyelidiki pernyataan Zamparini.

0 comments:

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP