Sunday, September 03, 2006

Gaji Fantastis Parreira Timbulkan Polemik

Pelatih baru Afrika Selatan, Carlos Alberto Parreira, mendapat sorotan tajam dari masyarakay Afrika Selatan. Pasalnya dia mendapat gaji dengan jumlah fantastis, yaitu 250.000 dolar AS sebulan. Sebagai perbandingan, gaji pelatih tim divisi satu di negara itu paling tinggi adalah 5.000 dolar.


Menyadari bahwa jumlah gaji tersebut akan menimbulkan protes, pihak Asosiasi Sepakbola Afrika Selatan akhirnya membuka tabir rahasia yang selama ini mereka simpan. Tapi pihak parlemen meminta agar jumlah gaji tersebut diungkapkan minggu ini dan telah menimbulkan gejolak di negara yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010 itu.


Parreira yang membawa Brasil ke tangga juara Piala Dunia 1994, tapi gagal lolos ke semifinal di Jerman tahun ini, direkrut untuk membangun sepakbola Afrika Selatan yang saat ini hanya menempati peringkat 17 Afrika.


Pelatih asal Brasil itu menjadi pelatih termahal tim Bafana-Bafana sejak negara itu diterima kembali dalam lingkungan FIFA pada 1992 setelah tiga dekade dikungkung politik pembedaan warna kulit (apartheid).


Dengan gaji sebesar itu bisa digunakan membangun 36 rumah untuk rakyat miskin setiap bulan. Menurut rencana, Parreira akan dikontrak selama empat tahun.Beberapa pengamat meminta agar Asosiasi Sepakbola Afrika Selatan merekrut pelatih lokal Clive Barker yang juga cukup berprestasi karena pernah membawa negara itu menjuarai Piala Afrika 1996 dan lolos ke Piala Dunia 1998.


Roger de Sa, pelatih klub Santos dari Cape Town, mengatakan, mengontrak Parreira hanyalah membuang-buang uang karena pelatih itu dinilai tetap tidak akan mampu mentransformasikan Bafana-Bafana untuk menjadi tim yang mampu menghadapi tim papan atas di Piala Dunia 2010.


Parreira dijadwalkan menonton pertandingan pertama Afrika Selatan di kualifikasi Piala Afrika 2008 menghadapi Kongo di FNB Stadion, Johannesburg, Sabtu. Ia secara resmi akan memulai tugasnya pada Januari mendatang saat Afrika Selatan menghadapi Zambia.

0 comments:

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP