Friday, October 12, 2007

Platini Tetap Tolak Kuota Pemain Asing

Presiden UEFA Michael Platini, tetap menolak rencana FIFA membatasi jumlah pemain asing di klub-klub Eropa. Platini menggangap kebebasan orang bekerja di Eropa adalah hal nomor satu.

Michael Platini kembali mencoba mematahkan rencana FIFA buat membatasi jumlah pemain asing di klub-klub Eropa. Mantan pemain dan pelatih tim nasional Prancis itu menegaskan, pembatasan pemain asing sulit diterapkan di negara-negara anggota Uni Eropa (UE).

Sebagai Presiden UEFA, Platini menilai rencana FIFA buat membatasi jumlah pemain asing yang dikontrak setiap klub Eropa sudah sulit terwujud. Sebab, Pengadilan Tinggi Uni Eropa pernah menolak pembatasan pemain asing ini pada tahun 1995.

Pekan lalu Presiden FIFA, Sepp Blatter, menyatakan ingin segera membatasi jumlah pemain asing di klub-klub Eropa. Mulai kompetisi musim 2010/2011 nanti, FIFA bermaksud membatasi kehadiran pemain asing dengan mewajibkan semua klub menurunkan minimal enam pemain lokal dalam starting line-up setiap pertandingan resmi. Berarti hanya boleh ada lima pemain impor yang berada di lapangan dalam setiap pertandingan.

"Itu mustahil diterapkan. Kami tidak bisa mempertahankan rencana itu. Kami tidak punya rencana kerja legal seperti itu. Kebebasan para pekerja buat pindah bekerja adalah prinsip nomor 1 di Eropa," ujar Platini seperti dilansir Goal, Jumat (12/10/2007).

Peraturan yang berlaku sekarang membolehkan setiap klub Eropa buat mendatangkan dan mengontrak pemain asing tanpa limit. Klub seperti Arsenal dan Chelsea (Inggris) malah terkadang menurunkan 11 pemain starting line-up yang semuanya pemain non Inggris.

Pembatasan hanya berlaku bagi pemain asing yang berasal dari negara di luar anggota Uni Eropa. Klub-klub Eropa hanya dibolehkan mengontrak tiga pemain asing asal negara-negara non anggota UE

0 comments:

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP