Sunday, March 11, 2007

Derby Paling Panas Musim Ini

Lengsernya Juventus ke pentas Seri B karena skandal calciopoli membuat Seri A kehilangan salah satu kekuatan. Alhasil, tinggallah Inter Milan dan AC Milan sebagai dua raksasa di level tertinggi sepak bola Italia tersebut. Karena itu, derby Milan menjadi paling panas musim ini. Termasuk derby Milan nomor 265 malam ini (tayangan langsung Indosiar pukul 21.00 WIB).

Kedua tim ini memang tidak sedang terlibat persaingan ketat memburu scudetto. Itu karena Inter sudah jauh meninggalkan rival sekotanya tersebut dengan selisih 30 poin. Namun, bagaimanapun, atmosfer derby yang panas tidak bisa dilupakan begitu saja.

Sebagai tuan rumah plus penguasa puncak klasemen, Inter tentu tak ingin kehilangan angka. Kekalahan menjadi barang yang haram karena Nerazzurri bertekad mempertahankan rekor tak terkalahkan yang telah mereka ukir sepanjang musim ini.

Inter pun menjadikan laga ini sebagai pelampiasan kegagalan mereka di arena Liga Champions. Langkah Nerazzurri terhenti sampai babak 16 besar setelah kalah gol away dari Valencia (Spanyol).

"Kegagalan itu sangat mengecewakan kami. Tapi, kami tak perlu terlalu berlebihan meratapinya. Saya harapkan anak-anak mampu membuang perasaan sedih itu dan menggantinya dengan kemenangan pada pertandingan besok (malam ini, Red.)," tegas Roberto Mancini, allenatore Inter, di situs resmi klub.

Sayangnya, Inter tak hanya bermasalah dengan kondisi psikologis pemainnya yang sedang drop. Nerazzurri juga menghadapi kendala serius dengan absennya beberapa pilar. Bek Douglas Maicon terkena akumulasi kartu. Sementara duet gelandang, Patrick Vieira dan Esteban Cambiasso, dipastikan absen karena dibekap cedera.

Tidak hanya itu, sejumlah pilar lain masih dalam kondisi meragukan untuk bisa tampil. Sebut saja Adriano dan Hernan Crespo. Termasuk bek Nicolas Burdisso yang mengalami patah hidung karena pukulan pemain Valencia David Navarro pada laga di Stadion Mestalla, Valencia, Rabu lalu.

Problem serupa masih menjadi momok bagi Milan. Sederet pilar Rossoneri seperti Alessandro Costacurta, Marcos Cafu, Kakha Kaladze, Alessandro Nesta, dan Serginho masih harus duduk sebagai penonton karena cedera. Kabar baiknya, kondisi Paolo Maldini dan Filippo Inzaghi sudah membaik. Kehadiran mereka diharapkan bisa mengangkat spirit yang pemain Milan lainnya.

Di sisi lain, laga ini sangat berarti penting bagi perjuangan Rossoneri mewujudkan ambisi masuk zona Liga Champions musim depan. Saat in, tim besutan Carlo Ancelotti itu masih tertahan di peringkat keenam dengan koleksi 40 poin, terpaut tiga angka dari Lazio yang bertengger di posisi empat.

"Kami sedang bersemangat sekarang. Moral kami terangkat setelah memastikan tiket lolos perempat final Liga Champions. Kami ingin melanjutkan tren positif itu pada perjuangan kami di Seri A," tegas Kaka, gelandang serang Milan asal Brazil yang mencetak gol kemenangan ke gawang Glasgow Celtic (Skotlandia) di babak 16 besar Liga Champions lalu.

Pada laga putaran pertama lalu, Milan dipermalukan Inter 3-4. Nah, sekarang adalah kesempatan Rossoneri membalasnya. Mampukah?

Perkiraan Pemain
INTER (4-3-1-2): 12-Julio Cesar (g); 2-Cordoba, 23-Materazzi, 5-Samuel, 11-Grosso; 4-Zanetti, 15-Dacourt, 6-Maxwell; 5-Stankovic; 9-Cruz, 8-Ibrahimovic
Pelatih: Roberto Mancini
Cadangan: 1-Toldo, 77-Andreolli, 21-Solari, 7-Figo, 20-Recoba, 18-Crespo.
AC MILAN (4-3-1-2): 1-Dida (g); 44-Oddo, 17-Simic, 25-Bonera, 18-Jankulovski; 8-Gattuso, 21-Pirlo, 32-Brocchi; 22-Kaka; 11-Gilardino, 99-Ronaldo
Pelatih: Carlo Ancelotti.
Cadangan: 16-Kalac, 3-Maldini, 23-Ambrosini, 20-Gourcuff, 10 Seedorf, 7-Oliveira, 9-Inzaghi.

HEAD TO HEAD (Lima laga terakhir)
28-10-2006 AC Milan v Inter 3-4
14-04-2006 AC Milan v Inter 1-0
11-12-2005 Inter v AC Milan 3-2
27-02-2005 Inter v AC Milan 0-1
24-10-2004 AC Milan v Inter 0-0

FACTS AND FIGURES
1. Kedua tim sudah 264 kali bertemu di semua ajang. Di pentas Seri A, Derby della Madonnina telah berlangsung sebanyak168 kali. Inter menang 61 kali, Milan menang 55 kali, dan sisanya imbang.
2. Inter tak terkalahkan pada 28 laga Seri A. Kali terakhir Nerazzurri kalah (0-1) saat bertandang ke markas Empoli, 30 April 2006. Sedangkan Milan tak terkalahkan pada 15 laga terakhir.
3. Pelatih dari kedua tim sudah bersua sebanyak 14 laga. Carlo Ancelotti (Milan) mengantongi rekor pertemuan lebih baik dibandingkan Roberto Mancini (Inter). Ancelotti memetik tujuh kemenangan, tiga kali seri, dan empat kali kalah.
4. Karena kebijakan keamanan, kick off laga ini dilakukan pada pukul 15.00 waktu setempat. Ini adalah derby sore pertama sejak 7 November 1993. Saat itu Milan menang 2-1.

0 comments:

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP