Monday, January 29, 2007

Rijkaard: Jangan Ganggu Ronaldinho!

Tugas pelatih tidak sekadar mengatur strategi. Sebagai ”bapak”, pelatih harus mendukung anak buahnya pada saat terpuruk. Hal itu tercermin pada diri Entrenador Barcelona Frank Rijkaard.

Pelatih asal Belanda itu membela Ronaldinho saat penampilannya mendapat kritik keras dari pers. Ronaldinho sukses terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia pada 2004 dan 2005.Namun,aksinya musim ini begitu mengecewakan. Kontribusi mantan punggawa Paris Saint Germain tersebut jauh berkurang.

Hal itu bisa dilihat dari prestasi El Azulgrana. Mereka hanya unggul tipis di Primera Liga dan mesti bersusah payah melaju ke babak 16 besar Liga Champions, dua ajang yang dimenangkan Barcelona musim lalu. Rijkaard membantah tudingan miring tersebut. Baginya, peran Ronaldinho untuk Barcelona tetap besar.Rijkaard mengakui performa playmaker Brasil itu tidak begitu konsisten.

Tapi,mantan pelatih Belanda ini menganggap Ronaldinho sebagai pemain terpenting untuk Barcelona saat ini. ”Penampilan satu tim tidak ditentukan peran satu pemain. Tapi,Ronaldinho adalah pemain kunci.Saya heran dengan semua keributan ini. Biarkan Ronaldinho bermain dengan tenang. Saya punya keyakinan dia akan kembali seperti semula,”ungkap Rijkaard,seperti dikutip AFP. Pernyataan ini dikeluarkan Rijkaard untuk menghentikan spekulasi yang beredar kencang di Spanyol.

Harian AS menyebutkan, Barcelona akan menjual Ronaldinho ke Chelsea atau AC Milan. Rumor tersebut diperkuat komentar Robert Assis, kakak Ronaldinho yang bertindak sebagai agennya. ”Hubungan Barcelona dengan Ronaldinho baik-baik saja. Namun, bukan berarti kami tidak akan mempertimbangkan proposal yang masuk,”ujar Assis.

Rijkaard melihat isu itu tidak benar. Ronaldinho masih terikat kontrak dengan Barcelona hingga 2010. Dengan ikatan panjang tersebut, masa depan pemain bergigi kelinci tersebut masih akan berada di Camp Nou untuk beberapa tahun ke depan.

”Memang belum ada pembicaraan kontrak baru. Tapi, dia masih terikat dengan kami hingga 2010.Jadi,negosiasi perjanjian anyar tidak akan terjadi dalam waktu dekat,”tandas Wakil Presiden Barcelona Ferran Soriano.

0 comments:

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP